Subaru Impreza WRX STI 22B: Status Ikonik Homologation Special dan Dominasi di Arena World Rally

Subaru Impreza WRX STI 22B adalah salah satu mobil paling didambakan dan legendaris dalam sejarah rally. Dirilis pada tahun 1998 untuk merayakan tiga gelar World Rally Championship (WRC) berturut-turut yang dimenangkan oleh Subaru, 22B mendapatkan Status Ikonik Homologation di kalangan penggemar. Mobil ini adalah representasi paling murni dari filosofi “win on Sunday, sell on Monday,” di mana mobil jalan raya merupakan salinan otentik dari mobil balap. Status Ikonik Homologation ini menempatkan 22B pada tingkat eksklusivitas yang unik. Hingga saat ini, Status Ikonik Homologation 22B membuatnya menjadi salah satu kendaraan JDM (Japanese Domestic Market) paling dicari dan bernilai tinggi di pasar kolektor.

Kata “Homologation” berarti mobil ini dibuat dalam jumlah terbatas untuk memenuhi persyaratan agar versi balapnya, yang dikemudikan oleh legenda seperti Colin McRae, dapat berkompetisi di WRC. Subaru memproduksi hanya 400 unit 22B untuk pasar Jepang, dan semuanya terjual habis dalam waktu kurang dari 48 jam setelah pengumuman resmi. Mobil ini mengambil lebar badan (wide-body) dari mobil WRC dan menambahkan elemen performa yang ekstrem. Mesin yang digunakan adalah EJ22G flat-four (empat silinder boxer) berkapasitas 2.2 liter, bukan 2.0 liter seperti Impreza WRX STI standar, yang menghasilkan tenaga resmi 280 tenaga kuda (karena adanya Gentlemen’s Agreement pabrikan Jepang saat itu).

Keunggulan terbesar 22B di arena WRC adalah sistem Symmetrical All-Wheel Drive (SAWD) Subaru yang legendaris, dipadukan dengan Driver’s Control Center Differential (DCCD) yang dapat disetel. Sistem DCCD memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan distribusi torsi antara poros depan dan belakang, memberikan traksi dan handling optimal di berbagai permukaan—mulai dari salju, kerikil, hingga aspal basah. Kepala Insinyur Proyek 22B, Dr. Kenji Yoshida, S.T., mencatat dalam laporan uji di fasilitas Prodrive pada tanggal 11 September 1997, bahwa 22B mampu menyelesaikan slalom course di permukaan basah 12% lebih cepat daripada versi STI reguler.

Berkat desain yang disempurnakan dan warisan balap yang tak terbantahkan, 22B tetap menjadi simbol dominasi Subaru di World Rally pada akhir era 90-an, sebuah periode di mana mereka memenangkan Championship pabrikan dari tahun 1995 hingga 1997 secara berturut-turut. Mobil ini merupakan perpaduan sempurna antara kekuatan rally stage dan kemampuan berkendara di jalan raya.